“The legend of transmigrasi” Berusia Hampir Setengah Abad

Tulisan kampung Purwajaya adalah salah suatu saksi bisu titik pertama transmigrasi Tulang Bawang. Dokumentasi by Ryan Wd

Inilah legenda & bukti adanya transmigrasi di wilayah Tulang Bawang.

Nampak dari sebelah barat tugu transmigrasi yang berada dikampung Purwajaya. Dokumentasi by Ryan Wd

 Monumen ini berdiri di Kampung Purwajaya sejak tahun 1977 tepatnya pada tanggal 27 juli 1977. Sudah hampir setengah abad Tugu ini menjadi saksi bisu Transmigrasi. Yang di kenal dengan luas sebagai “Tugu Bawang  & Tugu Hijau”.

Seperti yang dikatakan Bapak Tusiyo selaku Kaur Kampung Bersejarah ini beliau berkata “Sejak saya masih kecil tugu ini sudah ada dan memang sejak dulu tugu ini menjadi salah satu tempat Nongkrong Pemuda, untuk alasan kenapa di sebut Tugu Bawang karna ujung dari Monumen ini berbentuk bawang & sedangkan kenapa di sebut tugu hijau karena tugu ini berwarna hijau” begitu tutur beliau.

Tugu Purwajaya nampak dari jauh kearah Selatan. Dokumentasi by Ryan Wd

Tugu ini sudah di renovasi 1 kali pada tahun 2014 silam saat masa jabatan Bapak Muslim Santoso,  tanpa meninggalkan sisi sejarah yg terkandung di dalamnya. Hingga saat ini masih berdiri kokoh.

Pada masa itu Tugu ini pun menjadi titik “nol” transmigrasi Kabupaten Tulang Bawang. Monumen ini pun sekarang menjadi salah satu kebanggaan Kampung Purwajaya. 

Tulisan kampung Purwajaya adalah salah suatu saksi bisu titik pertama transmigrasi Tulang Bawang. Dokumentasi by Ryan Wd

Hingga saat ini tempat ini menjadi salah satu tempat destinasi para pemuda sekitar untuk hanya sekedar melepaskan lelah untuk bersantai dan bercanda gurau dengan kawan sebaya.

Purwajaya, 19 juli 2017

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan